Text
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI HANDPHONE BERBASIS ANDROID MEREK SAMSUNG DI WTC SURABAYA
"Judul yang diambil dalam penelitian ini adalah Analisis Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Membeli Handphone Berbasis
Android Merek Samsung Di WTC Surabaya. Sedangkan tujuan yang ingin
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang
mempengaruhi keputusan konsumen membeli handphone berbasis Android merek
Samsung di WTC Surabaya.
Jenis penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian exploratory
research dengan sampel penelitian yang digunakan sebanyak 132 responden.
Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini menyangkut variabel
product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Data
yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan analisis faktor pada program SPSS.
Berdasarkan hasil Bartlett’s Test of Sphericity diperoleh nilai sebesar
1472,449 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Sedangkan nilai Kaiser-Meyer
Olkin (KMO) yang diperoleh sebesar 0,636 yang artinya secara statistik analisa
faktor signifikan untuk menganalisa matriks korelasi tersebut.
Hasil rotasi faktor didapatkan 10 faktor inti yang didasarkan nilai eigen
yang lebih besar dari satu atau persentase kumulatif variasi dari faktor yang
diekstrak sebesar 89,995% lebih besar dari 50%, yang berarti bahwa penelitian ini
mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam
pembelian handphone berbasis Android merek Samsung di WTC Surabaya.
Sedangkan nilai non redundant yang diperoleh sebesar 47% yang
mengindikasikan bahwa data yang dirubah setelah dilakukan rotasi hanya sebesar
47% dan sisanya sebesar 53% tidak berubah. Sehingga model analisis faktor yang
terbentuk dapat dikatakan baik.
Dari hasil analisis faktor yang dilakukan, dari 24 variabel dapat
diringkas menjadi 10 faktor baru dimana syarat untuk membentuk faktor baru
adalah mempunyai eigen value = 1. Adapun 10 faktor baru adalah sebagai berikut
: Faktor ke-1 : Tersedianya fasilitas kenyamanan pelanggan; Faktor ke-2 :
Tersedianya sistem informasi dan komunikasi yang efektif; Faktor ke-3 :
Tersedianya atribut produk yang luas; Faktor ke-4 : Pembentukan image yang
efektif; Faktor ke-5 : Tersedianya jasa keluhan pelanggan; Faktor ke-6 :
Kedudukan perusahaan yang mudah dijangkau dan nyaman; Faktor ke-7 :
Penyebaran informasi perusahaan yang efektif; Faktor ke-8 : Keramahan dan
profesionalisme; Faktor ke-9 : Tersedianya jasa purna jual; Faktor ke-10 :
Kreatifitas iklan.
"
Kata Kunci : Keputusan Konsumen, Nilai KMO, Nilai Eigen Value, Non Redundant, Faktor Baru.
1S121513 | M-12/513 Yan a c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain