Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN XPRESS CLEAN DJ SURABAYA
"Jasa pencucian pakaian atau laundry merupakan bisnis yang sedang
berkembang, hal ini ditandai dengan banyak bermunculannya bisnis seperti ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan yang
meliputi : bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara
simultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen pada Xpress Clean di Surabaya
dan untuk mengetahui diantara kualitas layanan yang meliputi : bukti fisik,
kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati mana yang berpengaruh dominan
terhadap kepuasan konsumen pada Xpress Clean di Surabaya.
Hasil pembahasaan dari penelitian ini adalah secara simultan berdasarkan
nilai F hitung = 6,117 > F table = 3,25, berarti secara simultan variable bebas
berpengaruh signifikan terhadap variable terikat. Secara parsial nilai t hitung
untuk bufti fisik = 2,427 > daripada t table = 2,00, nilai t hitung untuk kehandalan
= 2,877 > daripada t table = 2,00, nilai t hitung untuk daya tanggap = 2,295 >
daripada t table = 2,00, nilai t hitung untuk jaminan = 2,183 > daripada t table =
2,00, nilai t hitung untuk empati = 2,136 > daripada t table = 2,00, hal ini berarti
secara parsial variable bebas berpengaruh signifikan terhadap variable terikat.
Hasil pengujian pengaruh yang dominan diketahui hubungan antara bukti fisik
terhadap kepuasan konsumen positif sebesar 74%. Hubungan antara kehandalan
terhadap kepusan konsumen positif sebesar 77,2%. Hubungan antara daya tanggap
terhadap kepuasan konsumen positif sebesar 72,9%. Hubungan antara jaminan
terhadap kepuasan konsumen positif sebesar 69,9%. Hubungan antara empati
terhadap kepuasan konsumen positif sebesar 68,5%.
Jadi simpulan dari penelitian ini adalah baik secara simultan dan parsial
kualitas layanan yang meliputi : bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan
dan empati mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen,
sedangkan kehandalan mempunyai pengaruh yang dominan.
"
Kata Kunci : Kualitas Layanan dan Kepuasan Konsumen.
1X121519 | M-12/519 Sep p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain