Text
PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) KANTOR CABANG SIDOARJO
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat
pengaruh secara simultan dan parsial pada personal selling yang terdiri dari
pendekatan nasabah, kecakapan personal, pengetahuan produk, dan Relationship
Enhancement terhadap minat menabung nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia
Cabang Sidoarjo dan untuk mengetahui diantara personal selling yang terdiri dari
pendekatan nasabah, kecakapan personal, pengetahuan produk, dan Relationship
Enhancement manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap minat
menabung nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Sidoarjo.
Hasil pembahasan dari penelitian ini adalah nilai R
2
sebesar 0,450 artinya
kontribusi variabel bebas yang terdiri dari pendekatan nasabah, kecakapan
personal, pengetahuan produk, dan Relationship Enhancement terhadap variabel
terikat yaitu minat menabung nasabah sebesar 45% dan sisanya 55% dipengaruhi
oleh variabel lain. Nilai F
hitung
= 19,402 > F
tabel
= 2,47 maka H
o
ditolak dan H
1
diterima, berarti secara simultan variabel bebas (personal selling) berpengaruh
signifikan terhadap variabel terikat (minat menabung nasabah).
Nilai t
hitung
untuk pendekatan nasabah = 2,152 > dari pada t
tabel
= 1,9853 maka
pendekatan nasabah mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat menabung
nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Sidoarjo; Nilai t
hitung
untuk kecakapan
personal = 4,358 > dari pada t
tabel
= 1,9853 maka kecakapan personal mempunyai
pengaruh signifikan terhadap minat menabung nasabah PT. Bank Rakyat
Indonesia Cabang Sidoarjo; Nilai t
hitung
untuk pengetahuan produk = 2,115 > dari
pada t
tabel
= 1,9853 maka pengetahuan produk mempunyai pengaruh signifikan
terhadap minat menabung nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Sidoarjo;
dan Nilai t
hitung
untuk Relationship Enhancement = 4,927 > dari pada t
tabel
=
1,9853 maka Relationship Enhancement mempunyai pengaruh signifikan terhadap
minat menabung nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Sidoarjo.
Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah baik secara simultan dan secara
parsial secara personal selling yang meliputi pendekatan nasabah, kecakapan
personal, pengetahuan produk, dan Relationship Enhancement mempunyai
pengaruh terhadap minat menabung nasabah dan Relationship Enhancement
mempunyai pengaruh yang dominan.
"
Kata Kunci : Personal Selling, Relationship Enhancement, dan Minat Menabung.
1X121517 | M-12/517 Mus p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain