Text
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DALAM MEMBELI SEPEDA PIXIE DI TAMAN BUNGKUL SURABAYA DAN SEKITARNYA
"Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
faktor – faktor apa sajakah yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada
sepeda Fixie di Taman Bungkul Surabaya dan Sekitarnya. Obyek yang diberikan
kuesioner penelitian sebanyak 72 responden. Data yang diperoleh selanjutnya
dianalisis dengan analisis faktor pada program SPSS.
Berdasarkan hasil Bartlett’s Test of Sphericity diperoleh nilai sebesar
138,854, ini menunjukkan bahwa pada matrik korelasi terdapat hubungan antara
variabel-variabel dalam populasi, dan Nilai KMO yang dihasilkan sebesar 0,539
menunjukkan bahwa secara statistik analisis faktor signifikan untuk menganalisis
matrik korelasi tersebut.
Hasil rotasi faktor didapatkan 5 faktor inti yang didasarkan nilai eigen value
yang lebih besar dari satu atau persentase kumulatif variasi dari faktor yang diekstrak
sebesar 62,624 % yang menunjukkan bahwa faktor-faktor baru yang terbentuk
mampu menjelaskan atau mewakili faktor semula dan sisanya 37,376 % dipengaruhi
oleh faktor lain.
Sesuai dengan analisis faktor yang dilakukan, maka variabel terekstrak dapat
diketahui sekaligus diadakan seleksi variabel pengganti atas variabel terekstrak
dimaksud adalah : Faktor ke 1 : Variasi dan harga yang memikat, Faktor ke 2 : Iklan
akan keunggulan produk dan lokasi yang strategis, Faktor ke 3 : Promosi akan adanya
pemberian hadiah dan potongan harga, Faktor ke 4 : Informasi dari mulut ke mulut
tentang kualitas produk, serta Faktor ke 5 : Brosur tentang desain produk menarik dan
lokasi mudah dijangkau.
"
Kata Kunci : "Keputusan Konsumen, Nilai KMO, Nilai Eigen Value, Non Redudant,
Faktor Baru"
1S121532 | M-12/532 Agu a c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain