Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SUB BAGIAN UMUM TERHADAP KEPUASAN PEGAWAI PADA KANTOR PEMBAYARAN PAJAK PRATAMA SURABAYA GUBENG DI SURABAYA
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan (bukti
fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) secara simultan maupun
parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pegawai pada Kantor Pelayanan
Pajak Pratama Surabaya Gubeng serta untuk mengetahui kualitas pelayanan (bukti
fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati), variable apa yang
berpengaruh dominan terhadap kepuasan pegawai pada Kantor Pelayanan Pajak
Pratama Surabaya Gubeng. Waktu pelaksanaan penelitian 25 Juni 2012 sampai
dengan tanggal 29 Juni 2012 dimana data penelitian yang digunakan adalah data
primer, yaitu dengan menyebarkan kuesioner yang berisi daftar pertanyaan yang
ada hubungannya dengan penelitian ini kepada pegawai Kantor Pelayanan Pajak
Pratama Surabaya Gubeng.
Besarnya nilai koefisien korelasi berganda ditunjukkan dengan (R) sebesar
0,824 yang berarti bahwa korelasi atau hubungan antara variabel bebas kualitas
pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan
empati terhadap variabel terikat kepuasan pegawai secara bersama-sama memiliki
hubungan yang sangat kuat, karena nilai R yang dihasilkan mendekati angka 1.
Sedangkan nilai koefisien derterminasi yang ditunjukkan dengan RSquared
sebesar 0.680 yang berarti bahwa kontribusi dari kualitas pelayanan yang terdiri
dari atas: bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara
bersama-sama terhadap variabel kepuasan pegawai sebesar 68,0%, sisanya 32,0%
dipengaruhi oleh faktor lain.
Hasil pengujian secara simultan variabel kualitas pelayanan yang terdiri
atas: bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati mempunyai
pengaruh yang terhadap kepuasan pegawai pada Kantor PelayananPajakPratama
Surabaya Gubengsertakarena nilai sign 0,000 < (a ) 0,05. sedangkan secara
partial (Uji t) diketahui bahwa nilai sign bukti fisik (X1) sebesar 0,000, keandalan
(X2) sebesar 0,010, daya tanggap (X3) sebesar 0,000, jaminan (X4) sebesar 0,000
dan empati (X4) sebesar 0,000 (lebih kecil dari a = 0,05) sehingga secara parsial
variabel-variabel bebas tersebut berpengaruh terhadap kepuasan pegawai.
Untuk koefisien determinasi partial menunjukkan bahwa variabel yang
mempunyai pengaruh yang dominan adalah variabel jaminan karena mempunyai
koefisien determinasi partialnya paling besar dibandingkan variabel lainnya.
Kata kunci: Jasa, Pelayanan dan Kepuasan
1S121553 | M-12/553 Ang p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain