Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN FIRST MEDIA DI SURABAYA
ABSTRACT
In the current globalization era the terms technology is familiar and close to our daily live. The internet is the heart of information era and it is the mother of all networks. The internet is a computer network around the world which connects hundreds even thousands of small networks. The purpose of this research is to find out the influence of service quality and product quality to the customer satisfaction of the customer. The research data has been obtained and it is based on the questionnaries which have been filled in by 72 people who are the regular customers of First Media. The data analysis technique is the multiple linear. The result of 1 test describes that service quality has significant influence to the customer satisfaction 3.075 with its significance 0.003. Product quality has significant influence to the customer satisfaction 4.388 with its significance 0.000. Therefore, product quality has dominant influence to the customer satisfaction of PT First Media Tbk Surabaya’s customers. So, the significant truth of the proposed hypothesis has been proven
Keywords: Service Quality, Product Quality, and Customer Satisfaction.
ABSTRAK
Di era globalisasi seperti saat ini istilah teknologi tidaklah asing dan sangat erat dalam kehidupan setiap harinya. Internet merupakan jantung era informasi yang disebut induk dari semua jaringan, karena internet adalah jaringan komputer di seluruh dunia yang menghubungkan ratusan bahkan ribuan jaringan yang lebih kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Data penelitian diambil berdasarkan kuesioner yang diisi oleh responden yang berjumlah 72 orang sebagai pelanggan First Media. Teknik analisis data yang digunakan adalah linier berganda. Dari hasil uji t bahwa variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 3,075 dengan signifikasi 0,003. Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 4,388 dengan signifikasi 0,000. Dengan demikian maka kualitas Produk mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan di PT. First Media, Tbk Surabaya. Sehingga hipotesa yang dikemukakan terbukti signifikan kebenarannya.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain