Text
PENGARUH ADVERTISING, PERSONAL SELLING, DIRECT MARKETING DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PORCELANTILE PADA PT. WISMA SEHATI SURABAYA
INTISARI
Kegiatan promosi dilakukan agar tujuan dari perusahaan dapat tercapai. Dan produsen harus selalu berusaha mengelola usahanya dengan baik guna mencapai tujuan tersebut. Hal penting yang tidak dapat dipungkiri adalah pengaruh akan periklanan, kemampuan wiraniaga serta pemasaran langsung yang dilakukan oleh tiap perusahaan. Sehingga jika produk yang pasarkan diterima baik oleh pelanggan maka akan timbal Word of Mouth yang positif pula.
Sampel yang diambil sejumlah 100 orang pelanggan PT. Wisma Sehati Surabaya, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dimana pelanggan pada tahun 2013 dengan jumlah asumsi ukuran populasi sebesar 1052 orang. Data yang digunakan merupakan data internal jumlah pengunjung, dan data pelanggan yang melakukan pembelian di showroom PT.Wisma Sehati Surabaya pada tahun 2013.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat signifikan yang terjadi pada variable X (Advertising, Personal Selling, Direct Marketing, dan Word of Mouth ) terhadap variable Y ( Keputusan pembelian ). Pada hasil regresi telah didapat bahwa variable Word of Mouth merupakan variable yang paling signifikan dalam penelitian, dikarenakan tingginya frequensi pelanggan dalam melakukan interaksi dengan pelanggan yang lain berkenaan dengan menceritakan pengalaman akan kepuasan pemakaian produk Porcelantile pada PT. Wisma Sehati Surabaya.
Kata Kunci : Advertising, Personal Selling, Direct Marketing, Word of Mouth, Kepuasan pelanggan
ABSTRACT
Promotion activity is conducted in order to make the company objectives can be achieved. And the manufacturer should try to manage his business properly in order to be able to achieve these objectives. One important thing which cannot be denied is the influence of advertising, the capability of sales force and direct sales which has been done by every company. So, when the products which have been marketed are well received by the customers then return will be a positive „word of mouth? as well.
The samples are 100 customers of PT. Wisma Sehati Surabaya, and the sample collection technique has been done by using the slovin formula in which the customers in 2013 with the assumption of population is 1052 people. The data is the internal data of the total visitors and the data of customers who have ever purchased at showroom PT.Wisma Sehati Surabaya in 2013.
The result of this research shows that the significant level which occur in X variables (Advertising, Personal Selling, Direct Marketing, and Word of Mouth) to Y variable (Purchasing Decision). It has been found on the result of regressions that the Word of Mouth variable is the most significant variable in this research, since the high frequency of customers in conducting the interaction with other customers which are related to their satisfaction experience in using the product of Porcenlantile on PT. Wisma Sehati Surabaya.
Keywords: Advertising, Personal Selling, Direct Marketing, Word of Mouth, Customers’ Satisfaction.
1S150167 | M15/167 Fam p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain