Text
PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENILAI PRESTASI MANAJER PEMASARAN PADA PT NARWASTU AGUNG SENTOSA
INTISARI
Akuntansi pertanggungjawaban dapat digunakan sebagai sarana menilai
kinerja manajer yaitu dengan cara membandingkan antara anggaran dengan hasil
aktual atau realisasi pelaksanaan yang merupakan tanggung jawab dari masing-
masing pusat pertanggungjawaban, sehingga tujuan dan sasaran yang telah
ditetapkan dapat tercapai. Komponen–komponen yang mendukung dalam
pelaksanaan akuntansi pertanggungjawaban adalah struktur organisasi, anggaran,
kode rekening, laporan pendapatan dan biaya operasional serta penilaian prestasi
masing–masing bagian.
Tujuan penelitian adalah untuk untuk mengevaluasi dan menilai prestasi
manajer pemasaran berdasarkan pusat pertanggungjawaban pada PT Narwastu
Agung Sentosa.Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif,
dengan teknik analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif dengan
mencari, mengumpulkan, kemudian mengolah data yang ada hubungannya
dengan akuntansi pertanggungjawaban.
Berdasarkan hasil penelitian yang berkaitan dengan penerapan akuntansi
pertanggungjawaban dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perusahaan telah
menerapkan sistem desentralisasi serta memiliki struktur organisasi yang
didukung dengan job description yang jelas serta adanya pendelegasian
wewenang dan tanggungjawab kepada bagian-bagian dalam perusahaan,(2)
Perusahaan belum melakukan klasifikasi berdasarkan terkendali tidaknya suatu
pendapatan dan biaya sehingga pengendalian pendapatan dan biaya menjadi
kurang efektif karena tidak dapat ditelusuri secara langsung pendapatan yang
diperoleh dan biaya yang dikeluarkan, (3) Pemberian kode untuk masing–masing
jenis perkiraan dari pendapatan dan biaya menunjukkan bahwa sistem akuntansi
pendapatan dan biaya perusahaan memadai, hanya saja dalam pengklasifikasian
pendapatan, biaya dan kode rekening belum melakukan pemisahan secara jelas,
(4) Laporan pertanggungjawaban manajer pemasaran terkait dengan pendapatan
operasional hasil penjualan dan biaya pemasaran dikatakan efisien karena
pendapatan yang dianggarkan dapat direalisasikan serta realisasi biaya tidak
melebihi anggaran.
Kata kunci: Akuntansi pertanggung jawaban, Anggaran, Biaya dan Prestasi
Manager
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain