Text
PENGARUH PENGHUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengungkapan
Corporate Social Responsibility terhadap Return On Equity dan Return Saham pada
perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang menekankan pada pengujian
variabel penelitian dengan angka dan melakukan analisis data dengan prosedur
statistik. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Corporate Social Responsibility. Sedangkan untuk variabel dependen
menggunakan Return On Equity dan Return saham.
Sampel penelitian ini adalah data sekunder dari Bursa Efek Indonesia yaitu
annual report perusahaan manufaktur yang terdaftar pada tahun 2009-2011.
Sampel diambil dengan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah
ditentukan. Dari kriteria di atas diperoleh sampel sebanyak 26 perusahaan per tahun
atau 78 firm years.
Metode statistik menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana, dengan
uji statistik t sebagai pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil uji t antara variabel
CSR dengan ROE diketahui nilai signifikansi sebesar 0,032 yang berarti hipotesis
pertama diterima. Sedangkan untuk hasil uji t antara variabel CSR dengan Return
Saham diketahui nilai signifikansi sebesar 0,038 yang berarti hipotesis kedua
diterima. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Corporate
Social Responsibility berpengaruh positif signifikan terhadap Return On Equity dan
Return Saham. Kondisi ini menggambarkan bahwa semakin baik pengungkapan
Corporate Social Responsibility mencerminkan semakin baik kinerja perusahaan.
Kata kunci : Corporate Social Responsibility, Return On Equity, Return Saham
1S132200 | A-13/200 Wid p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain