Text
ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI PRODUK SMARTPHONE MERK BLACKBERRY DI SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel dalam konsep kesadaran merek, assosiasi merek, persepsi merek, dan loyalitas merek terhadap keputusan konsumen yaitu konsumen yang melakukan transaksi/ pembelian pada BlackBerry di toko Cahaya Pratama Comp, baik secara simultan dan secara parsial berpengaruh signifikan. Teknik analisa yang digunakan adalah Uji Validitas dan reliabilitas, analisa regresi berganda, Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis secara simultan maupun parsial.
Hasil pengujian secara simultan didapat Fhitung sebesar 33,429 jauh diatas Ftabel (df = 5;94) sebesar 2,530 pada tingkat signifikan 0,000. Maka variabel kesadaran merek, assosiasi merek, persepsi merek, dan loyalitas merek terhadap keputusan konsumen yaitu konsumen yang melakukan transaksi/ pembelian pada BlackBerry di toko Cahaya Pratama Comp secara bersama-sama (simultan) adalah signifikan. Sedangkan besarnya koefisien korelasi (R2) sebesar 0,787 atau 78% yang berarti bahwa korelasi atau hubungan antara variabel kesadaran merek, assosiasi merek, persepsi merek, dan loyalitas merek secara bersama-sama terhadap keputusan konsumen yaitu konsumen yang melakukan transaksi/ pembelian pada BlackBerry di toko Cahaya Pratama Comp adalah baik. Juga dengan ditunjukkanya hasil signifikansi variabel bebas tersebut kesemuanya masih dibawah batas tolerasi kesalahan (a) sebesar 5%.
Variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap secara parsial terhadap keputusan konsumen yaitu konsumen yang melakukan transaksi/ pembelian pada BlackBerry di toko Cahaya Pratama Comp adalah variabel persepsi merek (X3) yang memiliki koefisien determinasi parsial paling besar yaitu sebesar 22,27%, lebih besar dari koefisien determinasi yang dimiliki oleh variabel yang lainnya.
Kata Kunci : Variabel kesadaran merek, assosiasi merek, persepsi merek, dan loyalitas merek, keputusan konsumen..
1S132359 | M-13/359 Tau a c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain