Text
PELAKSANAAN AUDIT OPERASIONAL ATAS KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA BAGIAN PEMASARAN (Studi Empiris Pada PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kantor Cabang Surabaya II)
Melihat banyaknya produk asuransi yang ditawarkan saat ini, menimbulkan
persaingan yang ketat antara perusahaan-perusahaan asuransi di Indonesia. Audit
Operasional pada bagian pemasaran memiliki tujuan untuk membantu operasional
perusahaan agar dapat bekerja secara lebih efektif dan efisien sehingga mampu
mempertahankan kelangsungan operasional perusahaan dan dapat bertahan dalam
persaingan dunia bisnis seperti saat ini.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami proses pelaksanaan audit
operasional dan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kinerjasumber
daya manusia bagian pemasaran. Metode analisis yang digunakan yaitu dengan
metode deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dan dokumen yang berkaitan dengan audit operasional atas
kinerja sumber daya manusia bagian pemasaran PT Asuransi Jasa Indonesia
(Persero) Kantor Cabang Surabaya II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja sumber daya manusia bagian
pemasaran di PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kantor Cabang Surabaya II
terdapat beberapa masalah yaitu hasil pendapatan premi dari hasil penjualan
produk Aneka pada tahun 2015 jauh dari yang ditargetkan oleh perusahaan,
kurangnya pendekatan komunikasi dengan pihak eksternal yang memadai, dan
juga kurangnya sumber daya manusia bagian pemasaran. Implikasi pelaksanaan
audit operasional diharapkan mampu mengukur kinerja sumber daya manusia
bagian pemasaran dan membantu dalam mengambil langkah yang tepat bagi
perusahaan.
Kata-kata kunci: Audit Operasional, Pengukuran Kinerja, Pemasaran.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain