Text
EVALUASI PENERAPAN AUDIT OPERASIONAL FUNGSI PEMASARAN PADA PT. ARISU SURABAYA
Penelitian bertujuan (1) Untuk memahami penerapan audit operasional atas fungsi pemasaran dalam menilai efektivitas dan efisiensi pemasaran, dan (2) Untuk menganalisis hal-hal yang meningkatkan kinerja fungsi pemasaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data–data yang diperlukan yang berhubungan dengan audit operasional fungsi pemasaran pada PT Arisu Surabaya.
Hasil audit operasional menunjukkan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh PT Arisu Surabaya adalah bahwa bagian pemasaran tidak dapat memaksimalkan anggaran pemasaran yang sudah ditetapkan dimana pada tahun 2013 anggaran yang ditetapkan sebesar Rp 2,129,007,900 terealisasi sebesar Rp 2,055,549,800,- Tidak tercapainya target penjualan yang telah ditetapkan oleh PT Arisu Surabaya dapat mengakibatkan penurunan laba perusahaan.
Dalam menunjang penjualan,, PT Arisu Surabaya merekrut karyawan yang lebih mempunyai pengalaman di dalam bidang penjualan, sehingga penjualan dapat lebih cepat meningkat, dan target penjualan selalu tercapai. Secara keseluruhan penerapan kegiatan pemasaran pada PT. Arisu Surabaya telah berjalan dengan efektif dan efisien, ditinjau pada praktek yang telah dilakukan sesuai dengan standar kerja perusahaan.
Berkaitan dengan audit operasional atas fungsi pemasaran, diharapkan pihak manajemen perusahaan mampu menganalisis dan mengambil kebijakan-kebijakan kearah perbaikan sehingga audit operasional fungsi pemasaran dapat dijadikan alat pengendalian pada bagian pemasaran sehingga akan tercapai efisiensi dan efektivitas fungsi pemasaran. Dengan demikian audit operasional fungsi pemasaran dapat digunakan dalam menilai efektivitas dan efisiensi fungsi pemasaran pada PT Arisu Surabaya.
1S142120 | A-14/120 Nur e c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain