Text
PENGUKURAN KINERJA UNIT PELAYANAN PUBLIK PADA PDAM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja unit pelayanan publik pada PDAM Surya Sembada Kota Surabaya dengan menggunakan PERMENPAN Nomor 38 Tahun 2012 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Pelayanan Publik.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yakni memahami sesuatu fenomena sosial secara mendalam. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah salah satu BUMD yang termasuk dalam lingkup sektor publik yaitu PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari wawancara dan kuesioner sedangkan data sekunder berasal dari data milik Perusahaan yang dikutip oleh peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan kinerja unit pelayanan publik pada PDAM Surya Sembada Kota Surabaya yang diukur dengan menggunakan PERMENPAN Nomor 38 Tahun 2012 dinilai efektif dan menghasilkan penilaian yang objektif, transparan, serta akuntabel. Empat komponen (Visi, Misi, dan Motto; Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan; Sumber Daya manusia; sertaProduktivitas dalam pencapaian target pelayanan) dinyatakan memiliki nilai maksimum dan lima komponen (Sistem, Komponen, dan Prosedur; Sarana dan Prasarana Pelayanan; Penanganan Pengaduan; Indeks Kepuasan Masyarakat; dan Sistem Informasi Pelayanan Publik) masih memiliki nilai dibawah standar.
1S142151 | A-14/151 Deb p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain