Text
PENILAIAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (STUDY KASUS PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PAWIYATAN SURABAYA)
INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan
Balanced Scorecard pada SMP Pawiyatan Surabaya. Teknik analisis data yang
digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan menggunakan
pendekatan kualitatif karena di dalam penelitian tidak menggunakan unsur-unsur
bilangan tetapi dilakukan dengan mengemukakan uraian-uraian serta penjelasan.
Berdasarkan analisis data yang di dapat dengan menggunakan pendekatan
Balanced Scorecard dari keempat perspektif, maka diperoleh simpulan: pada
perspektif keuangan menunjukkan bahwa hasil kinerja keuangan dinilai baik,
dapat dilihat pada indikator membandingkan anggaran yang diterima dari dana
Bantuan Operasional Sekolah (BOS), BOPDA, dana investasi/iuran komite (SPP)
dengan realisasi dana pada SMP Pawiyatan Surabaya. Pada perspektif pelanggan,
indikator yang digunakan yaitu Number Of New Customer, Number Of Complain
dikatakan baik. Dalam perspektif proses bisnis internal yang terdapat pada
Balanced Scorecard dikatakan baik, karena pihak SMP Pawiyatan Surabaya telah
melakukan standar kurikulum dan standar proses belajar mengajar dengan baik.
Sedangkan untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menujukkan bahwa
kinerja SMP Pawiyatan Surabaya sudah baik, hal ini ditunjukkan dengan jumlah
pendidikan dan pelatihan yang dilakukan oleh pihak sekolah serta tingkat
kepuasan karyawan.
Disarankan SMP Pawiyatan Surabaya kedepannya lebih baik menggunakan metode Balanced Scorecard untuk menilai kinerja karyawan. Selain itu, pihak SMP Pawiyatan Surabaya kedepannya lebih baik menggunakan sistem pembelajaran melalui media Information Comunication and Technology
(ICT) berbasis internet.
Kata Kunci: Kinerja, penerapan Balanced Scorecard, berbasis sekolah.
1SA150216 | A15/216 Kha p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain