Text
IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PT A.J. CENTRAL ASIA RAYA SURABAYA
INTISARI
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif. Menggunakan metode penelitian ini, karena peneliti tidak sedang
membuktikan hipotesis, tetapi untuk mengetahui dan menganalisis penerapan
CSR pada PT A.J. Central Asia Raya Surabaya.
Dari hasil penelitian, diketahui perusahaan telah menerapkan CSR berupa
melakukan kegiatan donor darah, penanaman 1000 pohon, beasiswa kepada
karyawan, pemberian hadiah maupun souvenir kepada karyawan dan
pelanggannya. Dengan menerapkan CSR, berdampak pada kepuasan karyawan yang membuat karyawan merasa nyaman bekerja sehingga semakin loyal terhadap perusahaan. Sedangkan dampak pada kepuasan pelanggan adalah timbulnya rasa peduli dari pelanggan, sehingga menjadi pelanggan yang loyal. Hal ini dibuktikan dengan bertambahnya jumlah nasabah dan meningkatnya pendapatan premi sebesar 11% pada tahun 2013.
Dari pembahasan diatas, perusahaan diharapkan tetap mempertahankan
program CSR, menambah program CSR lagi dengan yang baru, serta dapat terus
meningkatkan kualitas jasa dan pelayanan dari segi komunikasi kepada
pelanggannya.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Kepuasan Pelanggan, Kepuasan
Karyawan, Pendapatan Premi
1SA150223 | A15/223 Ega i c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain