Text
MODEL PENGUKURAN KINERJA PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA
INTISARI
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pengukuran kinerja pada PDAM Surya Sembada Kota Surabaya dengan metode balanced
scorecard. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian teknik
dokumenter dan wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa: perspektif
keuangan, yaitu return on assets (ROA), return on equity (ROE) dan current ratio
(rasio lancar) diperoleh hasil kinerja perusahaan yang baik. Pada perspektif
pelanggan, pelaksanaan visi dan misi yang berkaitan dengan peningkatan
kepuasan pelanggan mengalami peningkatan. Sedangkan pada pengukuran
perspektif proses bisnis internal dengan menggunakan Uncountabel Water Rate (UWR), yang mengukur seringnya perusahaan mengalami kehilangan air dalam distribusi air kepada pelanggan menunjukkan kinerja yang semakin baik.
Sementara untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, dilihat dari
produktivitas karyawan dan retensi karyawan menghasilkan kinerja yang baik.
Meskipun kinerja perusahaan berdasarkan empat perspektif menunjukkan kinerja
yang baik, namun demikian tetap diperlukan pengembangan model pengukuran kinerja yang relevan, sejalan dengan dinamika lingkungan bisnis dimasa mendatang.
Kata kunci: Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan,
Perspektif Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran dan
Pertumbuhan.
1SA150230 | A15/230 Ely m c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain