Text
PERAN AUDIT OPERASIONAL DALAM PENILAIAN KINERJA FUNGSI PELAYANAN PADA TICKETING PT SRIWIJAYA AIR
INTISARI
Kualitas pelayanan pada jasa penerbangan merupakan salah satu kunci
sukses agar dapat bertahan pada kondisi persaingan yang semakin ketat. Sehingga
dengan audit operasional dalam penilaian kinerja fungsi pelayanan akan menilai
kinerja pelayanan dan memberikan informasi kepada pihak manajemen mengenai
rekomendasi atau saran perbaikan yang bisa diambil guna meminimalkan kegiatan
operasional perusahaan yang kurang efektif dan efisien.
Penelitian bertujuan (1) Untuk memahami peran audit operasional fungsi
pelayanan dalam meningkatkan efektif dan efisiensi pelayanan dan (2) Untuk
menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan efektif dan efisiensi kinerja bagian
pelayanan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan
menggunakan pendekatan analisis kualitatif dengan mengumpulkan data-data
yang diperlukan yang berhubungan dengan audit operasional fungsi pelayanan
pada Sriwijaya Air Distrik Surabaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan yang dihadapi
Sriwijaya Air Distrik Surabaya adalah performance dan attitude sebagai ticketing
officer belum bisa dikatakan sangat baik karena dalam bersikap dan dalam
menghadapi calon penumpang tidak menerapkan prinsip menghargai dan
bergurau didepan calon penumpang yang dapat mengakibatkan image buruk
terhadap perusahaan. Tetapi, secara keseluruhan penerapan kegiatan pelayanan
Sriwijaya Air Distrik Surabaya telah berjalan dengan efektif dan efisien serta
memenuhi standar prosedur pelayanan Sriwijaya Air yang menjadi pedoman
perusahaan.
Kata-kata kunci : Audit operasional, fungsi pelayanan, efektif dan efisiensi
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain