Text
PENERAPAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENILAI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI FUNGSI PEMASARAN PADA HOTEL ISTANA PERMATA NGAGEL SURABAYA
INTISARI
Dalam bisnis perhotelan fungsi pemasaran memegang peranan penting
dalam pencapaian tujuan perusahaan untuk memaksimalkan laba. Audit
operasional atas fungsi pemasaran merupakan alat untuk menguji serta menilai
tujuan serta kebijakan pemasaran, serta memberikan rekomendasi yang tepat guna
untuk perbaikan dan mengarahkan bagi pihak perhotelan kedepannya.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk memahami penerapan audit operasional
fungsi pemasaran dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi fungsi pemasaran
dan (2) untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan efektivitas dan
efisiensi fungsi pemasaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode
deskriptif. Dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif dengan
mengumpulkan data yang berkaitan dengan audit operasional fungsi pemasaran di
Hotel Istana PermataNgagel Surabaya.
Hasil studi menunjukkan bahwa bagian pemasaran Hotel Istana Permata
Ngagel Surabaya terdapat beberapa masalah yaitu tidak dapat memaksimalkan
anggaran biaya pemasaran yang telah ditetapkan perusahaan dari tahun 2013-2015
karena biaya pemasaran yang tidak terealisasi sehingga belum efektif, biaya
pemasaran yang dikeluarkan semakin meningkat setiap tahunnya Tahun 2013
target biaya pemasaran sebesar Rp8.450.000,-. Pada tahun 2014 target biaya
pemasaran meningkat menjadi Rp10.550.000,-. Tahun 2015 target biaya
pemasaran target biaya pemasaran meningkat menjadi Rp12.800.000,-. sehingga
belum efisiendanmulai tahun 2013-2015 target penjualan tidak tercapai sehingga
mengakibatkan penurunan laba perusahaan.
Kata-kata kunci : audit operasional, pemasaran, efektivitas dan efisiensi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain