Text
TINJAUAN ATAS SOSIALISASI PERATURAN PERPAJAKAN DAN KINERJA ACCOUNT REPRESENTATIVE DALAM UPAYA PENINGKATAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KPP PRATAMA SIDOARJO BARAT
INTISARI
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan cara-cara dan kendala
sosialisasi yang dihadapi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sidoarjo Barat serta
menggambarkan peran Account Representative dalam meningkatkan kepatuhan
Wajib Pajak yang meliputi pelaksanaan sosialisasi perpajakan dan kinerja Account
Representative dalam membantu Wajib Pajak memenuhi kewajiban perpajakannya di
Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sidoarjo Barat. Kepatuhan Wajib Pajak
diidentifikasi dari kepatuhan Wajib Pajak dalam mendaftarkan diri, kepatuhan untuk
menyetorkan Surat Pemberitahuan (SPT), kepatuhan dalam perhitungan dan
pembayaran pajak terutang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan study kasus
dan lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni dilakukan
melalui wawancara terstruktur dengan tujuh petugas pajak yang terdiri dari Kepala
Seksi Pelayanan, Kepala Seksi Ekstensifikasi, Kepala Seksi Pengawasan dan
Konsultasi, Kepala Sub Bagian Umum, dan tiga orang Account Representative serta
sepuluh orang Wajib Pajak efektif yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama
Sidoarjo Barat yang menjadi fokus dalam pembahasan penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT)
semakin meningkat setiap tahunnya yang membuktikan bahwa kesadaran Wajib
Pajak semakin meningkat sehingga peran dari Account Representative sebagai
pengawas, pembimbing dan konsultasi dalam memberikan sosialisasi peraturan
perpajakan dikatakan sudah cukup baik.
Kata kunci : Sosialisasi Peraturan Perpajakan, Kinerja Account Representative,
Kepatuhan Wajib Pajak
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain