Text
PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA SPBU PERTAMINA 54.612.64 DI SIDOARJO
Penelitian ini dilatar belakangi oleh berkembangnya transportasi di
indonesia terutama di darat yang membutuhkan energi yaitu bahan bakar. Hal ini
berpengaruh terhadap meningkatnya penjualan BBM (bahan bakar minyak) yang
menjadi kebutuhan primer dalam menunjang aktifitasnya. Penelitian ini bertujuan
untuk menguji pengaruh dari variabel fasilitas dan kualitas layanan terhadap
kepuasan pelanggan pada SPBU Pertamina 54.612.64 di Sidoarjo. Teknik
pengambilan sampel berupa sampling aksidental dengan jumlah sampel sebanyak
100 orang. Sedangkan teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi.
Hasil pengujian secara simultan menunjukkan fasilitas dan kualitas
layanan secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan yang melakukan
pengisian bahan bakar di SPBU 54.612.64 Sidoarjo adalah signifikan. Hasil ini
diperkuat dengan perolehan korelasi sebesar 73,5 % menunjukkan korelasi atau
hubungan antara variable tersebut secara simultan terhadap kepuasan pelanggan
yang melakukan pengisian bahan bakar di SPBU 54.612.64 Sidoarjo memiliki
hubungan yang cukup erat.
Hasil pengujian secara parsial menunjukkan masing-masing variable
fasilitas dan kualitas layanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap
kepuasan pelanggan yang melakukan pengisian bahan bakar di SPBU 54.612.64
Sidoarjo. Kondisi ini diindikasikan dengan perolehan tingkat signifikansi masingmasing
variable tersebut dibawah 5%.
1S142312 | M-14/312 Moc p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain