Text
ANALISISI KINERJA MELALUI PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja PDAM Surya Sembada Kota Surabaya melalui pendekatan balanced scorecard yang diukur dari empat perspektif. Serta memberikan sebuah alternatif sistem penilaian kinerja yang dapat memberikan pemahaman tentang kinerja perusahaan secara tepat, menyeluruh dan dapat diimplementasikan pada PDAM Surya Sembada Kota Surabaya guna mewujudkan pencapaian visi dan misi perusahaan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode balanced scorecard. Untuk perspektif keuangan menggunakan indikator ROI dan Net Profit Margin. Untuk perspektif pelanggan menggunakan indikator Retensi Pelanggan, Akuisisi Pelanggan dan Number of Complain. Untuk perspektif bisnis internal menggunakan indikator process Time dan Inovasi. Dan untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menggunakan indikator Retensi Karyawan, Produktivitas Karyawan dan Pelatihan (training) Karyawan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja PDAM Surya Sembada Kota Surabaya dikategorikan kurang baik pada perspektif keuangan dikarenakan penurunan ROI dan Net Profit Margin yang disebabkankan terlalu besar biaya –biaya operasional yang dikeluarkan perusahaan, pada perspektif pelanggan menunjukkan hubungan kerja sama yang dengan pelanggannya dengan ditunjukkan meningkatnya tingkat akuisisi pelanggan dan retensi pelanggan, pada perspektif bisnis internal perusahaan menunjukkan bahwa perusahaan senantiasa berusaha memberikan pelayanan yang terbaik dengan cara melakukan inovasi pada system pembayaran rekeningnya, sedangkan dari perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan bahwa perusahaan mampu mempertahankan karyawannya dan meningkatkan kualitas karyawannya. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa kinerja PDAM Surya Sembada Kota Surabaya apabila di ukur dengan metode Balanced Scorecard dapat dinilai cukup baik pada perspektif non keuangan dan perlu adanya peningkatan dalam perspektif keuangan.
Kata Kunci: Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, PDAM Surya Sembada
Kota Surabaya.
1S142299 | A-14/299 She a c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain