Text
ANALISIS PENERIMAAN PAJAK REKLAME SERTA HUBUNGANNYA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA SURABAYA
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh penerimaan pajak reklame papan / billboard, videotron, kain maupun film terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Surabaya. Adapun populasi yang digunakan penelitian adalah penerimaan PAD yang berasal dari reklame antara tahun 2009-2012. Sedangkan teknik analisa yang digunakan adalah analisa regresi berganda.
Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa variabel reklame yang terdiri dari billboard, videotron, kain dan film secara bersama-sama terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya adalah signifikan. Hasil ini mengindikasikan bahwa naik turunnya Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya tergantung oleh naik turunnya tingkat pendapatan yang diperoleh dari billboard, videotron, kain dan film. Hasil ini didukung dengan perolehan koefisien korelasi sebesar 83,1 % yang menunjukkan bahwa korelasi atau hubungan antara variabel reklame yang terdiri atas billboard, videotron, kain dan film secara bersama-sama terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya memiliki hubungan yang kuat.
Hasil pengujian secara parsial dari empat variabel reklame yang dijadikan model penelitian yaitu billboard, videotron, kain dan film, hanya reklame billboard dan videotron masing-masing menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Surabaya. Hal tersebut dapat diindikasikan dengan tingkat signifikansi masing-masing variabel tersebut tidak melebihi a = 5%.
1S142260 | A-14/260 Rir a c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain