Text
KONTRIBUSI PAJAK REKLAME DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (STUDI PADA DINAS PENDAPATAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN KOTA SURABAYA)
Otonomi daerah dilaksanakan di Indonesia dengan tujuan untuk menciptakan
kemandirian daerah. Penyelenggaraan pembangunan pemerintahan daerah akan
dapat terlaksana secara optimal apabila didukung dengan sumber-sumber
penerimaan daerah yang cukup dan memadai yang salah satunya adalah berasal
dari Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satu sumber penerimaan PAD adalah
berasal dari pajak reklame.Reklame merupakan media yang digunakan untuk
mempromosikan suatu produk barang ataupun jasa kepada masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi
pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah dan upaya-upaya yang dilakukan
pemerintah kota Surabaya untuk meningkatkan penerimaan pajak kota Surabaya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan.Teknik analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis laju pertumbuhan penduduk,
analisis kontribusi dan analisis efektivitas.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan pajak reklame di
kota Surabaya masih kurang optimal. Hal ini bisa dilihat dari kontribusi pajak
reklame terhadap PAD pada tahun 2008-2012 yang rata-rata hanya mencapai
7,45% atau dalam kriteria sangat kurang. Kontribusi pajak reklame terhadap pajak
daerah rata-rata 12,26% atau berada dalam kriteria kurang. Sedangkan, dari segi
efektifitas, maka dapat diketahui bahwa pengelolaan pajak reklame berada pada
kriteria cukup efektif.
1S142259 | A-14/259 Sul k c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain