Text
PENERAPAN CSR DALAM MENINGKATKAN NILAI SERTA KINERJA PERUSAHAAN (STUDI PADA PROGRAM KEMITRAAN DAN BINA LINGKUNGAN PT.TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK AREA JATIM)
Corporate Social Responsibility merupakan fungsi sosial perusahaan termasuk
perusahaan BUMN. Terlepas dari motif penerapannya, peraturan perundangan dan isu tentang kepedulian lingkungan mengharuskan perusahaan menerapkan program Corporate Social Responsibility secara berkelanjutan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk penerapan
Corporate Social Responsibility melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan
guna meningkatkan Nilai serta kinerja perusahaan, untuk mengetahui aktivitas-
aktivitas sosial apa yang dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban sosial
perusahaan terhadap lingkungan sekitar perusahaan tersebut beroperasi, bagaimana
menyajikan laporan akuntansi pertanggungjawaban sosial yang telah diterapkan oleh
perusahaan tersebut.
Penelitian yang dilakukan
pada PT Telekomunikasi
Indonesia,Tbk menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan
menjabarkan Corporate Social Responsibility melalui Program Kemitraan dan Bina
Lingkungan pada PT Telekomunikasi Indonesia,Tbk berdasarkan sudut pandang,
motif, penerapan, bentuk pelaporan dan tingkat keberhasilannya, serta bagaimana
pengaruhnya terhadap nilai perusahaan ditinjau dari sudut pandang profitabilitas dan
kinerja perusahaan serta tingkat pertumbuhan perusahaan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk aktivitas-aktivitas sosial yang
dilakukan PT Telekomunikasi Indonesia,Tbk sebagai bentuk pertanggungjawaban
sosial perusahaan terhadap lingkungan berupa Program Kemitraan dengan usaha
kecil dan Program Bina Lingkungan. Program Kemitraan dengan usaha kecil terdiri
dari bidang industri, perdagangan, perikanan, pertanian, dan peternakan sedangkan
Program Bina Lingkungan mencakup tujuh sektor yaitu bantuan ke korban bencana
alam, bantuan pendidikan, bantuan peningkatan kesehatan, bantuan prasarana umum,
bantuan ibadah, pelestarian alam dan pengentasan kemiskinan. Pada pelaksanaan
PKBL PT Telekomunikasi Indonesia,Tbk area Jawa Timur termasuk dalam kategori
berhasil karena sumber dana yang tersedia dengan penggunaan dana tidak terlampau
jauh untuk nominalnya sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran, sedangkan kinerja
PT Telekomunikasi Indonesia,Tbk area Jawa Timur juga dikatakan berhasil menurut
Peraturan Menteri BUMN No KEP-100/MBU/2002, dapat dilihat dengan tingkat
kolektabilitas pengembalian pinjaman presentase hampir mencapai 100% dan
mendapatkan skor 3 dalam kurun waktu 3 tahun terakhir maka pelaksanaan PKBL
dinilai semakin baik dan bagus. Sehingga secara tidak langsung dapat berpengaruh
pada profitabilitas, nilai perusahaan, kinerja perusahaan dan pertumbuhan
perusahaan.
1S142240 | A-14/240 Deb p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain