Text
PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE BALANCE SCORECARD PADA PT. REGULO LINTAS NUSANTARA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana balanced scorecard diterapkan untuk pengukuran kinerja pada PT Regulo Lintas Nusantara (Arus Liar Group). Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena penelitian ini tidak bertujuan untuk membuktikan suatu hipotesis tetapi bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis balanced scorecard sebagai alat pengukuran kinerja, sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif pendekatan kualitatif karena mengungkapkan uraian-uraian serta penjelasan dengan membandingkan antara data yang diperoleh dari penelitian dengan dasar-dasar teori yang ada. PT Regulo Lintas Nusantara selama ini hanya menggunakan laporan keuangan saja dalam menilai kinerja perusahaaan sedangkan aspek non-keuangan tidak digunakan dalam pengukuran tersebut. Berdasarkan analisis data yang telah di dapat dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard, maka diperoleh simpulan bahwa ditinjau dari perspektif keuangan yaitu ROI (Return On Investment) dan profit margin on sales menunjukkan kinerja keuangan yang baik karena selama 3 tahun kondisi pendapatan perusahaan mengalami peningkatan pada tahun 2011 sebesar 16,89%, 2012 sebesar 18,36%, dan 2013 sebesar 24,02% serta tingkat pengembalian investasi yang dilakukan oleh perusahaan selama 3 tahun setiap tahunnya juga meningkat, pada tahun 2011 sebesar 18,64%, 2012 sebesar 17,18%, dan 2013 sebesar 19,73%. Ditinjau dari perspektif pelanggan yaitu customer retention, member of new customer, dan number of complain dikatakan baik karena perusahaan dapat mempertahankan customer dan dapat membina hubungan baik dengan cara tetap menjaga kepercayaan yang diberikan oleh pelanggan pada tahun 2011 sebesar 33,34%, 2012 sebesar 37,97%, dan 2013 sebesar 41,22%, konsumen yang melakukan komplain semakin berkurang pada tahun 2011 sebesar 7,84%, tahun 2012 sebesar 4,58%, dan tahun 2013 sebesar 2,84%, terjadi pertambahan jumlah pelanggan baru pada tahun 2011 ke tahun 2012 sebesar 28,43% dan pada tahun 2012 ke tahun 2013 sebesar 34,35%. Ditinjau dari perspektif bisnis internal yaitu inovasi yang dilakukan oleh perusahaan sudah baik, hal tersebut terlihat dari tingkat keselamatan selama mengikuti kegiatan arum jeram dengan tingkat kecelakaan yang dapat diminimalkan pada 2011 sebesar 0,02%, tahun 2012 sebesar 0,04% dan tahun 2013 telah mencapai target yaitu sebesar 0%, inovasi baru yang ditawarkan perusahaan dapat memuaskan pelanggan lebih dari targetnya yaitu sebesar 60%. Ditinjau dari perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yaitu employee turnover maupun training kepada karyawan sesuai dengan yang ditargetkan, terjadi penurunan tingkat keluar masuk tenaga kerja dari tahun 2011 ke tahun 2012 sebesar 27,27 % dan 2012 ke tahun 2013 sebesar 11,36% sehingga demikian diharapkan perusahaan tetap memiliki karyawan yang profesional dan kompeten dalam bidangnya.
1S142141 | A-14/241 Dzu p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain