Text
PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP CSR PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility).
Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan merupakan variabel dependen dalam penelitian ini yang diukur dengan didasarkan pada Key Succes Factors for Social Performance yang berisi 78 indikator pengukuran corporate social responsibility. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi profitabilitas, tipe industri (profile), leverage, ukuran perusahaan (size), pertumbuhan perusahaan (growth), kepemilikan saham asing (foreign shareholder), dan ukuran dewan komisaris. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2010-2012. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 27 perusahaan yang menjadi sampel. Data yang digunakan adalah data sekunder, berupa laporan tahunan (annual report) dan laporan keuangan (financial report) perusahaan manufaktur yang telah dipublikasikan. Teknik analisis data dilakukan dengan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis dengan metode regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan (size) berpengaruh positif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility). Sedangkan profitabilitas, tipe industri (profile), leverage, pertumbuhan perusahaan (growth), kepemilikan saham asing (foreign shareholder), dan ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility).
1S142227 | A-14/227 Fer p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain