Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT.SERASI TRANSPORTASI NUSANTARA SURABAYA
Semakin cepatnya perkembangan bisnis, setiap perusahaan dituntut untuk mempunyai keahlian dalam membaca setiap peluang yang ada untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi, agar dapat memperoleh pelanggan dengan menghasilkan kualitas yang berkompetitif. Maka PT Serasi Transportasi Nusantara Surabaya perlu menciptakan sistem pelayanan yang ramah karena memberikan pelayanan yang ramah pada penumpang akan menciptakan kepercayaan dan kepuasan sehingga menimbulkan loyalitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Serasi Transportasi Nusantara Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang menggunakan taksi O-RENZ minimal 2 kali dalam 1 bulan. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT Serasi Transportasi Nusantara Surabaya. Dari garis regresi menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas, hal ini mengindikasikan bahwa semakin baik kualitas layanan yang diberikan akan semakin meningkat loyalitas pelanggan yang menggunakan taksi. Sedangkan kepuasan berpengaruh positif terhadap loyalitas, hal ini menunjukkan semakin tinggi tingkat kepuasan semakin meningkat pula loyalitas pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis dalam penelitian ini terbukti kebenarannya.
1S142195 | M-14/195 Luc p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain