Text
PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJEMEN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI)
Tujuan utama semua perusahaan ialah untuk meningkatkan nilai perusahaan. Peningkatan nilai perusahaan yang tinggi merupakan tujuan jangka panjang yang harus dicapai perusahaan yang akan tercermin dari harga pasar sahamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kepemilikan manajemen terhadap nilai perusahaan, (2) Pengaruh kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan, (3) Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan.
Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 67 perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode tahun 2012 dan dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan berupa laporan tahunan, dan data ICMD. Metode analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kepemilikan manajemen, kepemilikan institusional, dan corporate social responsibility sebagai variabel independen dan nilai perusahaan sebagai variabel dependen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa H1: Kepemilikan manajemen berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan “diterima”, artinya kepemilikan manajemen yang tinggi mengakibatkan kinerja para manajemen yang maksimal, sehingga kepemilikan saham yang dimiliki oleh dewan direksi, manajemen, manajer dapat meningkatkan mekanisme nilai perusahaan. Sedangkan H2: Kepemilikan institusional berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan “ditolak”, artinya kepemilikan institusional yang hanya berfokus pada laba saat ini, akan dapat menurunkan volume harga saham yang mengakibatkan menurunnya nilai perusahaan. Dan H3: Corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan “diterima”,artinya pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan yang tinggi maka akan direspon positif oleh investor sehingga banyak investor yang berinvestasi pada perusahaan tersebut yang menyebabkan meningkatnya nilai perusahaan.
1S142062 | A-14/062 Rin p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain