Text
PENILAIAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN KEP/25/M.PAN/2/2004 PADA KANTOR PERTANAHAN KOTA SURABAYA I
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pelayanan Kantor Pertanahan Kota Surabaya I yang diukur menggunakan Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah KEP/25/M.PAN/2/2004 dan untuk menganalisis pengaruh unsur-unsur pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pengguna jasa Kantor Pertanahan Kota Surabaya I.
Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan studi deskriptif. Proses penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan data-data berupa data primer dan data sekunder, dilanjutkan dengan mengolah data tersebut, kemudian menyajikan hasil dari pengolahan data tersebut.
Pengukuran kinerja pelayanan berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dilakukan dengan mengukur 14 (empat belas) unsur pelayanan. Hasil perhitungan IKM diketahui nilai indeks sebesar 2,98 dan nilai IKM sebesar 74,60. Berdasarkan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa mutu pelayanan Kantor Pertanahan Kota Surabaya I dalam kriteria baik “B”. Hasil analisis faktor yang dilakukan berdasarkan 14 (empat belas) indikator menjadi 4 (empat) komponen baru sebagai variabel independen yaitu prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kenyamanan lingkungan, dan keamanan pelayanan. Hasil uji regresi linier berganda dalam penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur pelayanan (PDP), persyaratan pelayanan (PSP), kenyamanan lingkungan (KYL), dan keamanan pelayanan (KMP) berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat (KPM). Dari keempat variabel independen tersebut prrosedur pelayanan merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat.
1S142066 | A-14/066 Kik p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain