Text
PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP IMPULSE BUYING MELALUI POSITIVE EMOTION CUSTOMER FLASHY SHOP SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hedonic shopping motivation mempunyai pengaruh langsung terhadap impulse buying atau dimediasi oleh positive emotion. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini pelanggan pada Flashy Shop Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling aksidental dengan sampel yang diperoleh sebanyak 100 orang. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis jalur (path analysis).
Hasil pengujian menunjukkan pengaruh hedonic shopping motivation dan positive emotion masing-masing berpengaruh signifikan terhadap impulse buying. Demikian juga pengaruh hedonic shopping motivation terhadap positive emotion menunjukkan pengaruh yang signifikan. Kondisi ini dapat disimpulkan bahwa hedonic shopping motivation dapat berpengaruh langsung terhadap impulse buying maupun berpengaruh tidak langsung dengan melewati positive emotion sebagai variabel intervening kemudian mempengaruhi impulse buying. Hasil ini bermakna bahwa ketika seseorang melakukan Impulse Buying (proses pembelian pelanggan yang cenderung secara spontan dan seketika tanpa direncanakan terlebih dulu) bisa dipengaruhi oleh Hedonic Shopping Value (potensi belanja dan nilai emosi pelanggan dalam berbelanja) dan akan lebih kuat pengaruhnya bila ditambah dengan variabel positive emotion.
1S142284 | M-14/284 Ind p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain