Text
PENGARUH FAKTOR UTILITARIAN DAN HEDINOS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL IBIS RAJAWALI SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah nilai utilitarian dan nilai hedonis dapat berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan demikian juga saat dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan jasa pada Hotel Ibis Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis), dimana faktor utilitarian dan faktor hedonis sebagai variabel bebas, kepuasan pelanggan sebagai variabel intevening dan loyalitas pelanggan sebagai variabel terikat.Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode teknik purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang.
Hasil dari analisis jalur pada masing-masing variabel sebagai pengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan yang terdiri dari faktor utilitarian(X1)yaitu sebesar 0,359 , faktor hedonis (X2)yaitu sebesar 0,294 dan pengaruh tidak langsung faktor utilitarian(X1) terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan adalah sebesar 0,103 sedangkan pengaruh tidak langsung faktor hedonis (X2) terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan adalah sebesar 0,078. Kondisi ini dapat disimpulkan bahwa nilai utilitarian dan nilai hedonis dapat berpengaruh langsung yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan demikian juga saat dimediasi oleh kepuasan pelanggan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
1S142276 | M-14/276 Sin p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain