Text
PENGARUH PELATIHAN, PENGEMBANGAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KOMPETENSI GURU DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA
Sebagai salah satu upaya investasi SDM di era globalisasi IPTEK, pendidikan menjelma sebagai kebutuhan. Dalam proses pemenuhan pendidikan dan teknologi tersebut menuntut seorang guru memiliki kompetensi yang sesuai dengan standart yang telah ditetapkan. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka manajemen organisasi sekolah memilih tenaga didik yang berpengalaman, selain itu juga memberikan fasilitas pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kompetensi tenaga didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial, simultan dan dominan antara pelatihan, pengembangan dan pengalaman kerja terhadap kompetensi guru di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.
Penelitian ini merupakan experimental research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah guru di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya yang telah mengikuti program Pelatihan dan Pengembangan dari sekolah dan guru yang telah memiliki pengalaman kerja yang cukup sebanyak 30 orang, dimana teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil kesimpulan, Uji F pada penelitian ini menunjukkan 30.918 > 2.98, yang artinya secara simultan terdapat pengaruh signifikan yang kuat antara variabel Pelatihan, Pengembangan dan Pengalaman Kerja terhadap Kompetensi. Secara parsial hanya variabel Pelatihan dan Pengalaman Kerja yang berpengaruh terhadap Kompetensi, Hasil pada penelitian juga menunjukkan bahwa Pengalaman Kerja memiliki pengaruh dominan terhadap Kompetensi Kerja.
1S142270 | M-14/270 Ren p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain