Text
PENGARUH TRELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT.HARTONO ELEKTRONIKA CABANG KERTAJAYA SURABAYA
Pada era globalisasi, persaingan di dunia bisnis semakin maju dan ketat. Dalam usaha menghadapi tantangan persaingan perebutan konsumen di dunia perekonomian, maka perusahaan perlu mengubah tujuan perusahaan untuk meningkatkan volume penjualan dan laba perusahaan dengan lebih memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen. Maka dari itu, PT. Hartono Elektronik Kertajaya Surabaya membutuhkan relationship marketing untuk menarik perhatian pelanggan dan memelihara pelanggan. Perusahaan ini merupakan perusahaan elektronik terlengkap serta telah menawarkan produk maupun fasilitas pelayanan dan memberikan kemudahan bagi customer dalam melakukan pembelian produk elektronik secara online dengan credite card (bekerja sama dengan spektra, adira finance).
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh relationship marketing yang meliputi pertalian, empati, timbal balik, dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan PT. Hartono Elektronika Cabang Kertajaya Surabaya.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan transaksi pembelian pada PT.Hartono Elektronika Cabang Kertajaya pada bulan Juni-Desember 2013 sebanyak 4963 orang. Sedangkan sampel diambil sebanyak 100 yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa relationship marketing yang meliputi pertalian, empati, timbal balik, dan kepercayaan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan PT Hartono Elektronika Cabang Kertajaya Surabaya. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis dalam penelitian ini terbukti kebenarannya.
1S142162 | M-14/162 Ind p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain