Text
PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN JASA BONGKAR MUAT PADA PT.INDOJAYA SAMUDERA INDONESIA
Dilihat dari tingkat pertumbuhan sektor jasa seiring waktu mengalami pertumbuhan dengan pesat bersamaan akan kemajuan bidang teknologi informasi serta telekomunikasi. Penelitian ini merupakan alternatif untuk mengetahui akan seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan jasa bongkar muat pada saat pelaksanaan maupun kegiatan yang menunjang mutu pelayanan. Dalam dimensi kualitas pelayanan terdiri dari lima variabel meliputi: keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan dan variabel mana yang dominan terhadap kepuasan konsumen jasa bongkar muat pada PT. Iratojaya Samudera Indonesia.
Sampel penelitian terdiri dari 83 perusahaan yang lebih dari satu kali menggunakan jasa pelayanan bongkar muat dan dipilih secara purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan untuk menganalisis agar dapat ditarik suatu kesimpulan menggunakan metode kualitatif maupun kuantitatif.
Dari hasil pengujian pengaruh kualitas pelayanan menunjukkan bahwa secara simultan mempunyai pengaruh signifikan dan secara parsial variabel daya tanggap selain berpengaruh signifikan juga berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen jasa bongkar muat. Pada fungsi garis regresi variabel keandalan, daya tanggap, empati dan bukti fisik bernilai positif dengan kepuasan konsumen juga bernilai positif sehingga hubungan tersebut searah mengalami kenaikan. Sedangkan untuk variabel jaminan bernilai negatif maka tingkat hubungan kepuasan konsumen mengalami penurunan dengan hubungan yang berlawanan. Jadi Koefisien regresi jaminan menunjukkan arah hubungan negatif berlawanan antara jaminan dengan kepuasan konsumen, sehingga untuk hal ini variabel jaminan turun satu satuan sedangkan kepuasan konsumen akan turun dengan asumsi variabel konstan.
1S142157 | M-14/157 Dia p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain