Text
IMPLEMENTASI PROGRAM KEMITRAAN DAN BINA LINGKUNGAN (PKBL) USAHA SARUNG TENUN OLEH PT.TELKOM INDONESIA,TBK DIVISI REGIONAL V JAWA TIMUR (STUDI KASUS DI DESA WEDANI KECAMATAN CERME KABUPATEN GRESIK JAWA TIMUR)
Umumnya perusahaan masih berkutat pada aspek finansial atau ekonomis saja untuk dapat menunjukkan keberhasilannya, namun kini perusahaan sudah mulai memperhitungkan aspek dampak lingkungan dan sosial dalam menjalankan operasi bisnis mereka sebagai upaya mempertahankan diri terhadap tekanan sosial melalui implementasi PKBL. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui secara langsung implementasi PKBL dan kendala yang dihadapi beserta upaya perusahaan untuk dapat mengatasi kendala tersebut sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitarnya.
Lokasi penelitian ini yaitu di PT. Telkom Indonesia, Tbk Divre V Jawa Timur dan di Desa Wedani Kecamatan Cerme – Kabupaten Gresik Jawa Timur pada home industry tenun sarung mitra binaan Telkom. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya melalui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dimana data primer diperoleh melalui kegiatan observasi dan juga wawancara langsung dengan pimpinan unit PKBL PT. Telkom Indonesia, Tbk Divre V Jawa Timur beserta mitra binaan Telkom di lapangan sebagai informan dalam penelitian ini, sedangkan data sekunder diperoleh melalui kegiatan dokumentasi yang terkait dengan implementasi PKBL PT. Telkom Indonesia, Tbk. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (teknik analisis data deskriptif kualitatif).
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PKBL oleh Telkom telah diimplementasikan dengan baik sesuai Peraturan Menteri Negara BUMN No. 5 Tahun 2007, namun demikian tentunya juga masih mengalami suatu kendala yaitu pada tingginya tingkat kemacetan pengembalian pinjaman. Solusi yang dapat dilakukan oleh Telkom yaitu melakukan tindakan “Reminding Call” dengan cara menghubungi mitra binaan untuk segera membayar atau melunasi pinjamannya dan juga dilakukan “Visiting” dengan cara tim langsung mengunjungi mitra binaan untuk mengingatkan agar segera melunasi pinjamannya
1S142161 | M-14/161 Iva i c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain