Text
PENGARUH KUALITAS PELAYAN DAN ATMOSFER TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MATAHARI DI ROYAL PLAZA SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan atmosfer gerai secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan pelanggan pada Matahari Departement Store di Royal Plaza Surabaya.
Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan Matahari Departement Store di Royal Plaza Surabaya. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode accidental sampling. Jumlah sampel penelitian berjumlah 55 responden. Data penelitian diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner terhadap responden. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 22.
Hasil pengujian menunjukan variabel kualitas pelayanan dan atmosfer gerai secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan Matahari Departement Store di Royal Plaza Surabaya adalah signifikan. Besarnya pengaruh variabel tersebut sebesar 71,4% yang menunjukan hubungan antara variabel tersebut secara simultan terhadap kepuasan pelanggan Matahari Departement Store di Royal Plaza Surabaya memiliki hubungan yang erat.
Hasil pengujian secara parsial menunjukan masing-masing variabel kualitas pelayanan dan atmosfer gerai berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan Matahari Departement Store di Royal Plaza Surabaya. Kondisi ini diindikasikan dengan perolehan tingkat signifikansi masing-masing variabel tersebut dibawah 5%.
Manajemen Matahari Departement Store di Royal Plaza Surabaya disarankan untuk mempertahankan strategi kualitas pelayanan dan atmosfer gerai yang sudah dinilai baik atau lebih ditingkatkan lagi untuk mempertahankan rasa puas dan rasa ingin berbelanja lagi bagi para pelanggannya.
1S142133 | M-14/133 Alw p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain