Text
PENGARUH CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh corporate social
responsibility (CSR) pada nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel
moderating pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
(BEI) periode 2010-2012.
Sampel penelitian terdiri dari 25 perusahaan Manufaktur yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan jumlah pengamatan sebesar 75 dan dipilih
secara purposive sampling. Data laporan keuangan auditan dan laporan tahunan
diperoleh dari Indo-Exchange File (IDX). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan analisis regresi linear berganda untuk menguji pengaruh corporate
social responsibility (CSR) pada nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai
variabel moderating. Dalam penelitian ini variabel corporate social responsibility
(CSR) di ukur menggunakan variabel corporate social disclusure (CSD),
profitabilitas di ukur dengan menggunakan Return On Equity (ROE), dan nilai
perusahaan menggunakan tobin’s Q
Hasil penelitian dengan regresi linear berganda menunjukkan bahwa
corporate social responsibility (CSR) berpengaruh pada nilai perusahaan.
Sedangkan analisis variabel moderating dengan metode Uji Interaksi Moderated
Regression Analysis (MRA) menunjukkan bahwa profitabilitas memoderasi
pengaruh corporate social responsibility (CSR) pada nilai perusahaan.
1S142086 | A-14/086 And p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain