Text
ANALISIS CRITICAL CCESS FACTOR SEBAGAI PENUNJANG DALAM MEMPERTAHANKAN KEUANGAN BERSAING DAN MENILAI KINERJA PT.BABA RAFI INDONESIA SURABAYA
Keunggulan perusahaan dalam persaingan bisnis dapat diukur dengan mengidentifikasi faktor-faktor kritis (critical success factor) yang dimiliki oleh perusahaan. Mengidentifikasi critical success factor dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengidentifikasi adanya kekuatan dan kelemahan yang didapat dari lingkungan internal perusahaan, dan mengidentifikasi adanya peluang dan ancaman yang tibul dari eksternal perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur, menganalisis dan mengevaluasi critical succes factor yang dimiliki PT. Baba Rafi Indonesia untuk mempertahankan keunggulan bersaing dan mengukur kinerja perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif secara deskriptif dengan cara mengidentifikasi, menganalisis, dan mengumpulkan data yang berhubungan dengan Critical Success Factor dari PT. Baba Rafi Indonesia. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan wawancara kepada karyawan perusahaan yaitu pada manajer, HRD, dan marketing. Data yang diperoleh adalah profil dan sejarah perusahaan, data penjualan, data supliyer, data pesaing, data karyawan serta reward yang yang didapat atas prestasi perusahaan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat 7 faktor-faktor kritis (critical success factor) yang dapat mempertahankan keunggulan bersaing PT. Baba Rafi Indonesia yaitu produk dengan kualitas dan cita rasa yang khas, manajemen yang baik, sumber daya manusia yang kompeten, pemasaran dan promosi yang dilakukan dengan menggunakan seluruh media yang ada, reward-reward yang diperoleh atas prestasi, perolehan persediaan yang ekonomis, dan go international. Dari 7 faktor tersebut membuktikan bahwa PT. Baba Rafi Indonesia lebih unggul dibandingkan kompetitor lain. PT. Baba Rafi Indonesia diharapakan dapat mengatasi kelemahan perusahaan, memanfaatkan peluang yang ada, dan menghindari ancaman yang timbul dengan selalu memperhatikan keunggulan-keunggulan yang telah dicapai. Kata kunci : Identifikasi critical success factor, analisis SWOT, lingkungan internal dan eksternal, keunggulan bersaing.
1S132090 | A-13/090 Sri a c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain