Text
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MELAKUKAN PEMBELIAN PADA CV. KASIH INTERIOR SURABAYA
Judul yang diambil dalam penelitian adalah Analisis Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Keputusan Konsumen Untuk Melakukan Pembelian Pada CV.
Kasih Interior Surabaya. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian
ini adalah untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang mempunyai pengaruh
terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian pada CV Kasih
Interior Surabaya.
Jenis penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian exploratory
research dengan sampel penelitian yang digunakan sebanyak 100 responden.
Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini menyangkut variabel
product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Data
yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan analisis faktor pada program SPSS.
Berdasarkan hasil Bartlett’s Test of Sphericity diperoleh nilai sebesar
225,016 dengan nilai signifikan sebesar, 0,000. Sedangkan nilai Kaiser-Meyer-
Olkin (KMO) yang diperoleh sebesar 0,565 yang artinya secara statistik analisa
faktor signifikan untuk menganalisa matriks korelasi tersebut.
Hasil rotasi faktor didapatkan 8 faktor inti yang didasarkan nilai eigen
value yang lebih besar dari satu atau persentase kumulatif variasi dari faktor yang
diekstrak sebesar 65,829 % lebih besar dari 50 %, yang berarti bahwa penelitian
ini mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen
dalam melakukan pembelian pada CV Kasih Interior Surabaya. Sedangkan nilai
non redundant yang diperoleh sebesar 42 % yang mengindikasikan bahwa data
yang berubah setelah dilakukan rotasi hanya sebesar 44% dan sisanya sebesar 58
% tidak berubah, sehingga model analisis faktor yang terbentuk dapat dikatakan
baik.
Dari hasil analisis faktor yang dilakukan, dari 18 variabel dapat diringkas
menjadi 8 faktor baru dimana syarat untuk membentuk faktor baru adalah
mempunyai eigen value > 1. adapun 8 faktor baru adalah sebagai berikut : 1)
faktor pelayanan dan potongan harga; 2) faktor kebersihan ruangan 3) faktor harga
sesuai dengan mutu produk; 4) faktor ukuran produk dan penampilan karyawan;
5) faktor pemberian kemudahan dan promosi; 6) faktor promosi akan keramahan
pelayanan; 7) faktor tempat yang nyaman dan mudah dijangkau serta 8) faktor
interior ruangan .
Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Nilai KMO, Nilai Eigen Value, Non
Redudant, Faktor Baru
1S132163 | M-13/163 The a c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain