Text
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMILIH KARTU PRABAYAR XL DI SURABAYA
Konsumen merupakan unsur utama untuk mengukur apakah strategi
pemasaran yang diambil perusahaan telah berjalan baik, karena tingkat
keberhasilan bauran pemasaran dapat dilihat dari besar kecilnya pemakai jasa
yang telah memakai jasa yang telah disediakan oleh perusahaan tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi konsumen dalam memilih kartu prabayar XL di Surabaya. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian exploratory research, karena
penelitan ini mereduksi beberapa variabel menjadi beberapa faktor. Dengan obyek
dari penelitian ini adalah masyarakat Surabaya yang menggunakan kartu prabayar
XL.
Dari hasil penelitian dan pembahasan yang berkaitan dengan faktorfaktor
yang mempengaruhi konsumen dalam memilih kartu prabayar XL di
Surabaya, dengan menggunakan analisis faktor, dari 27 indikator awal yang ada
diringkas dan dikelompokkan menjadi 6 faktor baru berdasarkan Eigen Value > 1.
Adapun 6 faktor baru yang terbentuk yaitu faktor kualitas produk serta pelayanan,
faktor harga serta sarana, faktor tarif serta design XL, faktor orang serta prasarana,
faktor promosi beserta proses dan faktor tempat, dimana ke 6 faktot tersebut
mempengaruhi konsumen dalam memilih kartu prabayar XL dengan nilai
kumulatif varians sebesar 78,877%, ini menunjukkan 6 faktor baru yang terbentuk
mampu menjelaskan atau mewakili faktor semula dari keseluruhan variabel awal
yang ada.
maka disarankan bagi pihak manajemen PT XL Axiata, Tbk dalam
kaitannya dengan keputusan konsumen memilih kartu prabayar XL untuk lebih
meningkatkan lagi keenam faktor baru tersebut, sehingga diharapkan dapat
meningkatkan jumlah konsumen yang akan menggunakan kartu prabayar XL
Kata kunci: pemasaran jasa, perilaku konsumen dan keputusan konsumen
1S122240 | M-12/240 Wah a c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain